Rabu, 03 Juli 2013

Cara Memiliki Hamster yang Berbulu Indah, Bersih, & Wangi

Sering mengeluhkan hamster sahabat yang bau dan bulunya tidak bercahaya, atau bahkan rontok ???
Wah tandanya kurang perawatan tuh hamsternya, sahabat. Kamu punya tipsnya nih supaya sahabat hamster bisa memiliki hamster yang bulunya indah menawan. Ini diaaa.....

1.Gunakan pasir wangi khusus hamster
Bisa ditaruh pada cleanster atau sahabat menjadwalkan kapan memandikannya.
Jika menggunakan cleanster, pada mulanya kita cek dulu nih kebiasaan hamster kesayangan sahabat, apakah dia hanya menggunakannya untuk mandi (kadang ruangannya hanya untuk main), atau digunakan untuk pup saja, atau bahkan juga pipisnya.

Kalau hanya untuk mandi dan pup, sahabat bisa menggunakan sendok penyaring sehingga kotorannya saja yang dapat dibersihkan dan pasir dapat digunakan lebih lama, jadi sahabat bisa lebih berhemat deh. Tapi pasirnya tetap harus diganti ya sahabat, diperhatikan jikalau warnanya sudah mulai berubah keruh, itulah saatnya untuk diganti. Sambil diperhatikan juga, apakah di antara kotoran dalam pasir wangi tersebut apakah  terdapat kutu. Hamster juga bisa terkena kutu lho sahabat, terlihat juga dari gerak-geriknya yang lebih sering menggaruk tubuhnya.

Kalau digunakan untuk pipis juga, ini harus sering diganti yaa, jangan sampai basahnya mengakibatkan lembab dan hamster sahabat jadi tidak sehat. Kalau sahabat melihat pasirnya sudah basah semua segera buang pasir tersebut, bersihkan cleanster dengan sabun, keringkan, baru deh diisi lagi dengan pasir wangi yang baru. Pasir wangi yang diberikan juga tidak perlu banyak-banyak, sekitar 0,5 cm cukup kok ;)

Kalau mau hemat, sahabat bisa meletekan pasir wangi ke dalam ember, dan menjadwalkan kapan saja hamster sahabat akan dimandikan. Jadi pasirnya tidak perlu sering diganti karena basah terkena pipis atau kotorannya. Bisa dimandikan dua hari sekali.
Perhatian: Kalau jenis hamster Satin, jangan diberikan cleanster dan jangan sering dimandikan, karena minyak yang terkandung pada bulunya akan hilang.

2. Berikan vitamin secara rutin
Vitamin yang diberikan tergantung pada kondisi kesehatan bulu hamster sahabat.
Kalau bulunya baik-baik saja, terbilang sehat, cukup berkilau, dan tidak bau, sebenarnya tidak diharuskan menambah vitamin, namun untuk hasil yang lebih maksimal bisa diberikan vitamin tetes seperti Hamvit dan Hemsflex.

Kalau bulunya sering kuyup, rontok, dan bau, itu bisa jadi karena kurang gizi atau gennya yang jelek. Ini harsu diber perhatian lebih, berikan hamster sahabat Derma-Gel, karena vitamin tersebut sudah agak bersifat seperti obat yang dapat menyembuhkan masalah. Sambil rutin diberikan Hemsflex pada minumannya.

Ini bukan masalah pada bulu, tapi kulit. Kalau hamster sahabat terjangkit scabbies (kulit seperti berkerak, ada tonjolan keras di telinga atau kemaluannya, sering menggaruk) berikan ia Scabbless Cream sambil rutin diberikan Vita-Gel, karena biasanya hamster yang sedang terkena scabbies akan menurun nafsu makannya, juga terus berikan Hemsflex pada minumannya. Tapi jika tidak kunjung sembuh, sudah waktunya hamster sahabat dibawa ke dokter hewan.

Hamster yang bermasalah pada kesehatannya lebih baik diberikan Hmesflex dibandingkan Hamvit, karena ia mengandung Lysin, dan juga diberikan Vita-Gel secara berkala.

3. Taburkan bedak khusus hamster
Bedak khusus ini sebenarnya agak jarang diberikan, namun jika sahabat menginginkan hamster yang wangi, ada baiknya diberikan bedak ini. Bedak khusus hamster ini sebaiknya hanya diberikan sedikit di tubuh hamster, karena nantinya akan dijilati dan mencegah hamster sahabat keracunan, juga dapat ditaburkan ke alas kandangnya jika sahabat menggunakan serbuk kayu, karena bedak ini mengandung sulfur yang dapat menyerap aroma tidak sedap dari kotoran hamster. Pemberian bedak pun dapat mencegah timbulnya kutu.

4. Bersihkan kandang
Jangan membiarkan kandang bau, kotor, lembab, dan becek. Karena selain mengganggu penciuman sahabat, ini dapat menimbulkan penyakit pada hamster. Ketika kandang kotor, hamster akan lebih sering menggaruk-garuk badannya, akibatnya kulitnya akan lecet/luka dan terkena iritasi, iritasi inilah yang kemudian menjadi scabbies pada kulitnya. Kandang yang lembab juga akan mengakibatkan bulu hamster jadi nampak kuyup dan kotor. Bersihkanlah kandang hamster tiga hari sekali atau minimal seminggu sekali untuk menjaga kesehatan hamster-hamster lucu sahabat :)

5. Shampo dan Cologne khusus hamster
Walaupun keramas dan penyemprotan cologne pada hamster ini bisa membuat hamster sahabat jadi lebih wangi, sebenarnya kami kurang menganjurkannya. Karena hamster tidak tahan air, dan tidak kebayang gimana cara keramasnya, sementara hamster sahabat lincah ke sana kemari karena terkena air, atau bahkan malah jadi lemas karena kedinginan. Penyemprotan cologne pun sepertinya lumayan berbahaya jika sampai masuk ke pencernaannya, karena tahu sendiri sahabat, hamster paling tidak betah kalau ada sesuatu dibadannya, rasanya pengen dibersihkan aja. Cologne yang disemprotkan ke badan hamster akan menempel di bulu, kemudian dijilat hamster, masuk ke pencernaannya, entah bagaimana selanjutnya, apakah sahabat rela kalau hamster lucu sahabat keracunan?? Nah, ada caranya, semprotkan cologne ke tangan sahabat, baru deh tangan sahabat ditempelkan ke badan hamsternya, 'nular' juga kan ya wanginya :)

Nah, itu tips-tips dari kami agar hamster sahabat bisa memiliki bulu yang indah menawan serta wangi.
Happy caring, sahabat hamster ! :D



4 komentar:

  1. hamster saya bulunya halus dan bersih, tapi beberapa hari kemudian, bulunya berubah menjadi lebih kotor dan berwarna kuning padahal sudah saya berikan pasir wangi. tapi tetap saja tidak cukup untuk membuat bulunya kembali seperti semula. Bagaimana cara menanganinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punya saya, solusinya diceburkan ke dalam gayung selama 2 menit, setelah itu masukkan lagi ke kandang. Biarkan saja sampai kering, nanti hamsternya membersihkan bulu2nya sendiri dan taraaa..jadi bagus lagi bulunya..

      Hapus
  2. Hamster sy msndikan srcara berkala seminggu sekali dan lgsung dikeringkan dihanduk dan dikenakan matahari lagi gpp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah. Yang penting langsung kering (tidak terlalu basah), biar dijilat2i sama si hummy nya, nanti juga kering. ;)

      Hapus